Ferdinando Lase's Weblog

Just a little things about me…

Jayapura

“The Beauty of Jayapura”

Teluk Youtefa

Teluk Youtefa

Teluk dangkal ini terbilang unik, karena terdapat sebuah kapal perang milik Jepang yang telah karam. Selain itu sebagian daratan yang akan terlihat di permukaan air manakala terjadi surut (orang Papua biasa menyebutnya “air meti”). Permukaan daratan yang muncul di permukaan seperti yang tampak dalam gambar di atas dimanfaatkan oleh masyarakat setempat untuk bermain bola. Ketika masih duduk di bangku sekolah dasar, saya pernah beberapa kali bermain bola di sana. Lapangan ini akan hilang dengan sendirinya apabila terjadi pasang (orang Papua biasa menyebutnya “air naik”). Karena fenomena alam yang demikian uniknya, warga Jayapura menyebut tempat itu dengan sebutan “LAPANGAN TIMBUL-TENGGELAM“.

Pantai Holte Camp

Pantai Holte Camp

Foto : http://welkis.wordpress.com

Pantai ini  berbeda dengan pantai lainnya yang ada di Jayapura. Anda tidak akan menemukan sebuah batu atau karang seperti yang banyak anda temukan di pantai-pantai lainnya menjadikan tempat berwisata dengan bibir pantai paling panjang di Jayapura ini menjadi pilihan utama wisata keluarga kami. Jika anda ingin memperkirakan panjang bibir pantai ini, lihatlah foto di atas (Teluk Youtefa). Pantai Holte Camp membentuk sebuah kurva melengkung tepat di atas Lapangan Timbul Tenggelam, panjang kan…

Anda memiliki dua pilihan untuk dapat tiba di pantai itu. Pilihan pertama melalui jalan darat membutuhkan waktu lebih kurang 45 menit dari Abepura. Perjalanan darat menjadi pilihan karena kita pun dapat membawa pulang buah tangan berupa hasil kebun warga transmigrasi di Koya Barat maupun Timur.

Pilihan kedua yang lebih menantang adalah melalui laut. Jalur yang satu ini tidak membutuhkan waktu yang lama, dengan menggunakan speed boad/motor tempel (orang Jayapura biasa menyebutnya “Jhonson”) Holte Camp dapat ditempuh dalam waktu 15-30 menit saja.

Anda dapat meneruskan perjalanan Anda ke negara tetangga Papua New Guenia dari pantai ini dalam waktu paling lama 1 jam perjalanan. Karena PNG terletak di balik bukit yang menjadi latar belakang gambar di atas.

Foto : http://welkis.wordpress.com

Aktivitas Warga Di Pantai Base-G

Aktivitas Warga Di Pantai Base-G

Pantai Pasir Putih : Base-G

Pantai Pasir Putih : Base-G

Aktifitas Warga di Pantai Base-G

Aktifitas Warga di Pantai Base-G

Pantai Base-G merupakan sebuah pantai yang paling populer di kalangan masyarakat Jayapura. Pantai yang langsung berhadapat dengan luasnya samudra Altantic ini terkenal dengan hasil lautnya. Tidak jarang ketika Anda berekreasi di Anda temui masyarakat lokal yang melakukan aktivitasnya sehari-hari sebagai nelayan. Pantai nan jernih ini memiliki kharismanya sendiri. Sisi kiri pantai ini terkenal dengan keramahan ombaknya, aman dan nyaman bagi anak-anak. Namun berbeda dengan sisi lainnya yang terkenal angker. Ombaknya yang besar menyenangkan bagi orang-orang dewasa yang memiliki stamina dan tenaga yang kuat. Sejak lama tercatat puluhan orang telah menjadi korban di sisi pantai yang satu ini. Kebanyakan dari para korban tidak pernah ditemukan kembali. Hal ini pernah terjadi pada keluarga saya pada awal tahun 1980-an.

Foto : http://welkis.wordpress.com

Kota Pelabuhan

Kota Pelabuhan

Kota yang menjadi pusat segala aktivitas perekonomian dan pemerintahan. Tahukah Anda bahwa di dalam teluk yang kecil seperti yang tampak dalam gambar di atas terdapat 3 pelabuhan laut? Pelabuhan utama yang dipergunakan oleh kapal-kapal berukuran besar, pelabuhan APO yang dipergunakan oleh berbagai kapal perintis, dan sebuah pelabuhan milik TNI Angkatan Laut RI. Hebatkan…

Pusat kota yang tampak asri

Pusat kota yang tampak asri

kota-jayapura-1

Pusat kota yang masih tampak asri ini tetap mempertahankan keselamatan lingkungannya, sehingga walau tampak padat dan ramai namun suasana yang sejuk dan nyaman masih bisa Anda peroleh.

Sentani Lake from Above

Sentani Lake from Above

West side of Sentani Lake

West side of Sentani Lake

Centre Side of Setani Lake

Centre Side of Setani Lake

Usaha Peternakan Ikan - Kab. Sentani

Usaha Budidaya Ikan - Kab. Sentani

Sisi lain dari Jayapura adalah keberadaan danau Sentani yang terkenal itu. Danau Sentani yang menjadi tempat menggantungkan hidup warga Sentani ini memiliki keunikannya sendiri. Konon warna air danau ini dapat berubah-ubah, dimulai dari warna merah kemudian berwarna putih, lalu kembali normal. Menurut cerita legenda bahwa perubahan warna ini dapat terjadi selama beberapa hari.

Hal menarik lainnya yang telah dibuktikan secara ilmiah adalah bahwa pada kenyataannya ribuan tahun

Hiu Gergaji (Saw Shark)

Hiu Gergaji (Saw Shark)

yang lalu daratan Jayapura-Sentani (Kab. Jayapura) berada 400m di bawah permukaan laut. Di atas perbukitan desa Ayapo (Sentani Timur) terdapat barisan “bukit karang laut“. Pembuktian lainnya adalah pernah ditemukannya beberapa kerangka ikan hiu gergaji. Bahkan yang masih sering ditemukan hingga saat ini adalah beberapa jenis ikan laut yang telah beradaptasi dengan baik dan dengan lingkungan air tawar danau Sentani.

Sisi lain kota Jayapura di waktu malam hari dapat anda temukan di SINI

Gambar kota Jayapura dan Danau Sentani

http://www.skyscrapercity.com/showthread.php?p=19416087

Gambar Hiu Gergaji

http://www2.kompas.com

Selain tempat wisata pantai Base-G dan Holtecamp seperti yang sudah saya uraikan di atas, pantai Amai yang berada di kabupaten Jayapura juga merupakan pilihan warga kota untuk berlibur. Jarak yang terbilang jauh dari kota Jayapura tidak menjadi halangan untuk berlibur ke sana.

Pantai Amai yang asri

Pantai Amai yang asri (foto koleksi Keluarga Bambang Suhartawan)

Bibir pantai yang dihiasi oleh butir-butir karang halus berwarna putih ini menjadikan pantai Amai berbeda dengan pantai-pantai lainnya. Butir-butir karang halus ini menimbulkan suara (akibat terjadinya pergesekan antara butir-butir karang tersebut) jika Anda berjalan di atasnya. Suara tersebut seolah-olah memberikan pesan kepada kita “betapa indahnya diriku”. Saya secara pribadi sangat terkesan dengan pantai yang bersih, indah, dan asri ini sehingga saya memberikan julukan “The Talking Beach”.

The Talking Beach

The Talking Beach (foto koleksi Keluarga Bambang Suhartawan)

SISI LAIN dari kota Jayapura yang sempat diabadikan oleh Leoni Susanto (salah satu siswa saya) adalah pusat perekonomian kota Jayapura ‘ENTROP’. Satu dekade yang lalu lokasi ini merupakan hamparan rawa-rawa tempat daerah resapan air. Namun karena perkembangan penduduk kota Jayapura yang meningkat pesat setelah jalur transoportasi laut menuju kota Jayapura dilayani oleh PELNI, hamparan rawa ini pun berubah menjadi pusat perekonomian kota Jayapura.

Namun sayang, kini lokasi ini sering tergenang oleh banjir mana kala hujan turun. Hal ini disebabkan oleh karena pengembang kurang memperhatikan sistem pengairan. Di sini masih dapat Anda temui beberapa bangunan yang terpaksa tidak diselesaikan karena sturktur tanah yang tidak dapat menopang bangungan bertingkat. Sementara cukup banyak ditemui bangunan-bangunan yang nampak retak dan terlihat agak miring akibat pondasi bangunan yang terus bergerak ke dalam (tenggelam).

Entrop : Pemenang I Kompetisi Photografi WWF Indonesia Region Sahul 2009

Entrop : Pemenang I Kompetisi Photografi WWF Indonesia Region Sahul 2009

53 Tanggapan to “Jayapura”

  1. leoni768 said

    foto-fotonya keren-keren…!!!!!!
    apalagi yang West side of Sentani Lake..

    oh yg lapangan timbul-tengelam itu toh…kmrn sring dgr org bicarakan hal itu…tp sy gak tau t4x dmn….skrg jd tau..hahahahah

    papua memang indah…!

  2. Pak Ferry pemandangan mengagumkan (gumun aku) bagaimana kalau aku minta gambarnya…??? Salam untuk istri dan kedua anakmu(Bagas dan Damian). Trim Kalau mau liat blog tentang kegiatan Live in SMA Ricci (aku lupa alamatnya)tapi ketik di Google -live in sma ricci-

  3. joice said

    Waktu kemaren liburan ke jayapura. Kan saia naik pesawat malem tuh. Saia kebetulan duduk deket jendela. Nah, kebetulan ketika lewat sungai2 dan akhirnya danau sentani, udah mau pagi tuh, jadi ada tambahan sunrise. Wuih, keren abis bo pemandangannya.

  4. Ferdinando Lase said

    Sempat di photo ga Jo?

  5. ming19zhe said

    wah pak guru sewa helikopter berapa juta buat foto danau sentani dari atas? heheheheh.
    fotonya comotan ya pak? ato dari google earth?

    btw fotonya keren keren

  6. kickdavid said

    Wow, Papua bagus ya,
    dari dulu, sampai sekarang, pengen ke sana.
    sayang masih sebatas mimpi, mudah2an kalau ada umur panjang bisa kesampaian. Itu sudah,

  7. Ferdinando Lase said

    @ming : helikopter??? buat nyewa film di video ezzy aja ga bisa ming…
    @kixkdavid : saya yakin, Papua akan lebih indah lagi jika diabadikan oleh Anda. Saya tunggu kedatangannya di Papua…

  8. Zham said

    Pemandangan yang indah. Puji Tuhan saya pernah melihat itu semua dengan mata kepala sendiri.

    Teluk Youtefa dan pantai Holte Camp kelihatan cantik dari atas gunung Skyline.

    Danau sentani sangat mempesona dilihat dari Tugu MacArthur di Ifar Gunung.

    Sayang sekali pemandangan pantai Base-G dan Pasir Dua saja yang belum ada disini jika kita berdiri di Angkasa.

    Salam kenal.

    • Ferdinando Lase said

      Salam kenal juga,
      terima kasih sudah mau mampir di tempat saya…
      rupanya Zham pernah berdomisili/mampir di Jayapura yah? kapan dan di mana?

      sy tidak janji, tapi akan saya usahakan gambar-gambar pemandangan indah lainnya dari Angkasa…

      sabar yah….

  9. Ignatha said

    wow……..

    jayapura emang indah deh………

    pak knp g diambil pas malam aja pak…..

    lbih keren lagi tuh….apalgi dari angkasa

    hongkong mah uda kalah tuh….

  10. Muhammad Hamzah Zubair said

    kalau bisa pantai Amay, teluk yotefa, dan pantai hamadi dan holteKamp juga diambilkah?

    • Ferdinando Lase said

      @ M. Hamzah Z : Permintaan Anda akan kami perhatikan. Pada kesempatan pertama akan saya posting gambar dan profile tempat-tempat tersebut. Mohon bersabar. 🙂

  11. Johana R. said

    be…. bosss… jayapura pu andalan saja….
    apalagi fto danau sentani tu…
    klu liat dari atas apalgi pas take off…. mantap skali….
    sa jadi kangen… dgan jayapaura…
    ksh masuk fto2 yang lain jga ka…??

  12. jenifer said

    Pace….
    kasi masuk foto polimak 1 kah………….!!!!

    xa kangen jayapura skali o….

    Mank jayapura paling n’ sangad TOP BGT………….!!!!

  13. andre said

    pace kasih masuk foto desa maribu kah???? neh z rindu kampung skali,maribu distrik sentani barat

    • Ferdinando Lase said

      @ Andre : Desa Maribu??? Hm… sudah lama saya tidak main ke sana.
      Akan saya obati rindu Anda jika saya mendapatkan kesempatan.
      Terima kasih sudah mampir…

  14. Evangeline Echa Ayu MeLanie said

    JAYAPURA, I’M IN LOVE…

  15. syaiful said

    Hello dari Riau Sumatra.

    Apa kabar. salam kenal ya dan jangan lupa kunjungi juga blog kami

  16. Ridja said

    salam kenal bg lase sy anak medan kini tugas di pangkalpinang tp masa kecil sy jalani 1966 – 1970 di jayapura/kotaraja/abepura. slama ini sy cari tau info ttg kotaraja tp minim mgk bs bantu bg. klo info t4 lain lumayan banyak. trimakasih sebelumnya

  17. Emiliana setyorini said

    jayapura tempat torang dibesarkan.sekarang torang so jauh……kitong rindu skali mo pulang????pantai youtefa tempat kitong bermain.dipantai timbul tenggelam bersama tete nenek dan saudara……saya rinduuuuuuuu skali?

  18. Emiliana setyorini said

    Teman-teman SMP Negri II Polimak,SMK Negri KOtaraja dalam .semoga kita tidak saling melupakan Alumni SMK Th 1986.Alumni SMP Negri Th 1983…Jayapura kota kenangan ,kota yg paling indah.tempat aku dibesarkan.

  19. kevin said

    Pak,

    Itu foto hiu gergaji buat sendiri ?

    Ikan Hiu gergaji dan ikan air laut yg sudah beradaptasi dg air tawar ada di kampung apa? dan di bagian mana dr danau sentani

  20. Daawia Suhartawan said

    Wah foto-fotonya mantap sekali terutama foto danau sentani, moga keindahan kota jayapura tidak akan sirna dengan pembangunan yang serampangan

  21. Pemandangan yang indah Banget….Pengen terjun ke papua Langsung dah….

  22. tommy said

    wuih…. mantap!!!!!! za su 7 tahun belum plg ke jayapura ni… su kgn sm za pu kota klahiran…. skrg za lg kulih di semarang…. pak, ada foto di porazko ka???? sa pgn liat saja…. thx…. I L O V E J A Y A P U R A…………………………………………

  23. tommy said

    salam kenal y pak….

    • Ferdinando Lase said

      Terima kasih karena sudah mampir di sini, semoga informasi yang sedikit ini dapat selalu mengingatkan kepada Anda betapa indahnya kota kelahiran Anda…. 🙂
      Salam kenal juga dari kami…

  24. wakei said

    wao……..
    keren habis bos
    pengen pulanng ke jayapura ne…
    tapi, sayangnya kita tidak libur ne.

    sukses selalu…
    salam saja buat orang2 d jayapura
    khususnya keluarga besar SMA YPPK TERUNA BAKTI .

    JBU ALL

  25. dwi said

    bagus bangat fotonya tooo

  26. Yefta said

    Great Pictures Bro,
    Saya jadi ingat Kota jayapura..Walau sekarang uda 14 tahun tinggal dan bekerja di Bali,saya tetap ingat kota kelahiran saya..(One day I will comeback..)..Salam buat teman2 tamatan SMA I jayapura tahun 1995..Gbu

  27. try irenk said

    kerinduanku akan kota kelahiran terasa terobati melihat foto2 anda. rumah saya di atas pantai baseg yang asri kapan aku bisa kembali kesana semoga

  28. innekedian said

    jayapura keren..
    pengen sekali kesana ..

  29. Ok deh papua emang keren. Bro. kalo bisa foto malamnya jg dimuat. Pasti makin keren kota jayapura.

  30. george T. said

    Sy jd bangga lahir & besar di tempat seindah itu……………
    pak,ditunggu foto” terbaru Jayapuranya……….

  31. Epen Makmaker said

    I Love U papua….

  32. Epen Makmaker said

    dengan adanya foto kyak gini… kita sbgai masyarkt Papua harus bisa menjaga kelestariannya… agar kdpnya bisa bermanfaat….

  33. yoyok said

    kasi tong foto batuputih kah………….i miss jayapura………..my heart this papua always

  34. coklat said

    waow indah buanget pemandanganx………………………..

  35. dewi anakoda said

    papua is so wonderfull city…
    nice scenery,,,!!!!!!!

  36. arie oke said

    kenangan indah & pahit d jayapura (2003-2009)…..begitu banyak cerita….begitu byk teman…yg ta’ mudah tu’ begitu sj dilupakan dlm hidupku….rasanya aq ingin kembali ke jayapura yg mmng sudah melekat dihati ini….i love jayapura….

  37. arie oke said

    kenangan manisku di jayapura city………….

  38. […] Ketika mengatakan Jayapura, orang-orang umumnya berpikir Jayapura itu masih hutan, rumahnya honai, orang-orang tidak berpakaian, makanan pokok sehari-hari  adalah sagu karena tidak ada beras, dan berada di sekitar orang-orang primitif (hey guys, Jayapura doesn’t look like that. Even I’ve never seen a man using koteka in Jayapura. Gambaran mengenai papua yang sering diekspos di media adalah perkampungan di Wamena (actually, the know how to wear clothes, dude!), yang menjadikan stereotype bukan hanya wamena, atau jayapura tetapi Papua. Kalau mau lihat beberapa foto jayapura, bisa dilihat di postingan saya yang ini. Postingan lain tentang jayapura juga ada di sini […]

  39. Saya _ kustia said

    Bagus banget pak ,all memories in jayapura are flashing back (96-98) ..terima kasih , gambar2 ini sedikit mengobati ,,

  40. Glorio Anselmo Ledang said

    wah pak keren nih blognya, boleh nih kapan2 ekspedisi kecil2an bareng, tentang wisata2 di jayapura… karyanya mantap,, lanjutkan pak.. hehe..

  41. deddy said

    tong pu kenangan di YPKP deng pa zamroni yang killer

  42. rachmad said

    Sangat bangga dengan kota kelahiran saya ini, alam yang indah penduduk.a tidak kalah baik.a…
    Namun sekarang harus terbatas karena jarak yang memisahkan…

    Seharusnya ada satu pantai lagi yang menurut saya cocok di jadikan tujuan wisata, pantai HARLEND, jarak.a kan tidak terlalu jauh dari pantai amai…

    Mantap blog.a pak…
    Jadi kangen jayapura…

  43. railondi said

    Sangat menikmati tulisannya, ternyata pak guru juga hobby blog serta fotografi. Cool

  44. Indahexel said

    Hahaha ga nyesel tinggal Dijayapura..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: