Ferdinando Lase's Weblog

Just a little things about me…

Akankan Indonesia terhindar dari Bencana Alam?

Posted by Ferdinando Lase pada Oktober 8, 2009

Bumi pertiwi bergetar lagi… 8,6 scala recter telah meluluh-lantahkan tanah Minang. Ratusan hingga seribuan manusia harus kehilangan nyawanya karena tertimbun bangunan-bangunan beton yang runtuh tanpa memandang siapapun dia. Hanya sedikit dari mereka yang tertimbun itu dapat terselamatkan hidup-hidup.

Kejadian alam ini tidak hanya terjadi di Sumatra Barat saja. Dalam sepuluh tahun terakhir bencana serupa telah menggoreskan duka yang mendalam bagi bangsa ini. Aceh, Nias, Nabire, Jawa Barat, dan beberapa daerah lainnya di Indonesia. Jika dihitung-hitung sudah jutaan jiwa manusia telah melayang karenanya.

Mengapa hal ini dapat terjadi? Apakah kiamat akan segera datang menghampiri pada tahun 2012 seperti yang telah diramalkan oleh para ‘Peramal’ Indonesia? Saya tidak sependapat dengan mereka. Saya menyakini bahwa kiamat (akhir jaman) memang akan terjadi. Namun tidak seorang manusia pun yang dapat memprediksikannya, tidak juga seorang para normal karena hal itu merupakan rahasia Tuhan Sang Pencipta.

Pertanyaan di atas sebenarnya dapat dijawab dengan menggunakan kaca mata ilmiah. Indonesia tepat berada di sisi lempeng Eurasia yang berhimpitan dengan lempeng Indo Australia. Secara periodik kedua lempeng ini akan selalu bergerak mendekat. Dua benda padat yang saling bertumbukan dan saling menekan satu sama lainnya itu dapat mengakibatkan getaran-getaran yang kita kenal dengan kata “Gempa Bumi”. Besar kecilnya getaran yang kita rasakan tergantung dari kuat-tidaknya benturan yang terjadi. Satu hal yang pasti bahwa pergeseran lempeng-lempeng tersebut akan selalu terjadi, dan hingga kini tidak ada orang maupun alat apapun yang dapat mendeteksi dan mencegah terjadinya tumbukan lempengan itu.

Dengan demikian gampa berskala kecil maupun besar akan selalu terjadi kapan saja mulai dari sepanjang pulau Sumatera hingga Papua. Sehingga tidak menutup kemungkinan gempa dengan kekuatan 8.6 seperti yang terjadi di Sumatra Barat 30 September 2009 lalu atau dengan kekuatan yang lebih dasyat lagi dapat terjadi di bumi pertiwi ini kapan saja.

Apa yang dapat kita lakukan? Hemat saya hal yang bisa kita lakukan hanyalah selalu waspada. Pemerintah hendaknya berupaya untuk mensosialisasikan program “Waspada Gempa” kepada masyarakat. Dengan demikian korban jiwa yang diakibatkan oleh bencana gempa dapat diminimalisir hingga titik terendah. Dana proses pembangunan pun jangan “disunat”, sehingga kita memiliki bangunan-bangunan yang tahan terhadap gempa.

Saya teringat dengan perkataan seorang guru IPS saya ketika masih duduk dibangku Sekolah Dasar dulu. “Indonesia secara geografis letaknya sangat menguntungkan. Berada di antara dua benua, dan dua samudra”. Hal ini secara ekonomis memang sangat menguntungkan, namun secara geologi? Apakah letak Indonesia yang demikian sangat menguntungkan?

Iklan

2 Tanggapan to “Akankan Indonesia terhindar dari Bencana Alam?”

  1. terimakasih e atas postingnya yg bagus…
    kenalkan saya Agus Suhanto

  2. Laura Patricia said

    tiap ada suka pasti ada duka pak…btw,,jadi pengen belajar geografi loh pak…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: